Friday, April 20, 2007

ISLAM

ISLAM



Islam, kata itu kalau diucapkan, apa yang akan tergambar dalam benak seseorang? Bisa jadi padang pasir, Timur Tengah, kubah masjid, Ka’bah, atau bahkan kekerasan. Ya, akar sejarah Islam bisa saja tergambar lewat Ka’bah dan Timur Tengah. Coretan kenangan bisa saja tergambar lewat fundamentalisme dan kekerasannya. Namun, demikiankah Islam itu? Bukankah dalam setiap aliran agama terdapat golongan fundamentalis yang menggunakan jalur kekerasan untuk mengatas namakan ‘penyebaran agama?’
Nabi Muhammad SAW adalah seseorang yang menjadi utusan di antara kaumnya saat itu. Saat itu Jazirah Arab dalam keadaan kacau balau tentang pemahaman ke-Tuhanan dan tindakan anarki. Kebudayaan kaum Quraish yang seharusnya mengikuti ajaran Ibrahim telah disalah gunakan untuk menguntungkan pihak-pihak bangsawan. Ritual Ka’bah dan penyembahan Tuhan telah pula dimanipulasi untuk mendatangkan keuntungan bagi pihak bangsawan Quraish. Namun karena keadaan itu berlangsung selama berpuluh-puluh tahun, maka masyarakat tidak menyadari pembodohan yang terjadi. Mereka merasa nyaman dengan adat dan budaya yang ada. Mereka menganggap bahwa apa yang mereka lakukan telah sesuai dengan perintah Tuhannya. Para petinggi Quraish yang merupakan imam dari masyarakatnya juga sudah merasa mapan dan merasa sudah mempunyai pengaruh terhadap pengikutnya.
Ketika saat tiba munculnya seorang yang namanya Muhammad dan membawa berita baru tentang Tuhan yang Esa, ia merombak segala budaya yang ada, kemapanan yang ada. Otomatis, kemapanan yang sudah dirasakan oleh petinggi Quraish dan masyarakat yang sebenarnya terbelenggu oleh budaya yang keliru ini akan merasakan gerah dengan kedatangan Muhammad. Apalagi Muhammad bukan dari golongan bangsawan, ia hanya keturunan Bani Hasyim. Jelas, saat itu orang akan mencibir apa yang dikemukakannya. “Siapa dia? Darimana dia? Pendidikannya apa? Keturunan siapa? Bukankah dia tidak bisa membaca?”
Bayangkan, kondisi inipun bisa terjadi pada kita pada masa kini. Saat ini kita tengah merasa nyaman dengan ritual yang kita lakukan. Para Kyai dan Uztad juga sudah mapan dengan para pengikutnya. Namun siapa yang bisa menebak bahwa apa yang tengah kita lakukan ini tidak menyimpang? Tentu saja masing-masing Kyai punya dalih dan argumen bahwa yang mereka lakukan telah sesuai dengan sunnah nabi. Keadaan yang sebenarnya sama dengan masyarakat Quraish waktu itu. Lalu saat ada seseorang yang mengabarkan tentang keesaan Allah yang tidak sepaham dengan anggapan masyarakat, kita tentu akan mencapnya sebagai gila dan keluar syariat.
Persis seperti keadaan Nabi waktu itu. Ia dikatakan gila, berpenyakit ayan dan mengada-ada. Bahkan kita bisa bayangkan, apabila kita ada waktu itu. Saat itu kita tengah berada dalam kondisi budaya yang sudah sangat mengakar dalam keseharian kita. Lalu Nabi datang dan menyarankan untuk keluar dari budaya itu. Apa yang akan kita lakukan? Langsung percayakah? Belum tentu.
Nabi Muhammad mengajarkan Islam. Yaitu sebuah sikap pasrah total kepada Allah yang Esa. Waktu itu kaum Arab mengenal banyak Tuhan. Yang paling besar adalah Latta, Metta dan Uzza. Bahkan tuhan-tuhan itu dipatungkan dan di taruh mengitari Ka’bah. Masing-masing suku menyembah tuhannya sendiri-sendiri. Nabi gerah dengan itu semua. Ritual Ka’bah dari nabi Ibrahim telah diselewengkan maknanya. Maka beliau menyerukan, tidak ada Tuhan kecuali Allah!!.
Islam adalah sebuah sikap, sikap pasrah total kepada Allah. Dengan sikap itu terbentuklah akhlak yang rendah hati, saling tolong-menolong dan mendamaikan. Akhirnya akan terwujud sebuah masyarakat atau kehidupan yang madani, sejahtera. Yang diserukan Nabi adalah sebuah ajaran, bukan kelembagaan. Pada masa kehidupan Nabi, beliau tidak bermaksud untuk mendirikan sebuah organisasi atau lembaga. Beliau hanya menyampaikan kabar baik yang mensejahterakan. Beliau adalah saksi Allah dan menyampaikan peringatanNya.
Surat Al-Fath ayat 8-9, Sesungguhnya Kami mengutus kamu sebagai saksi, pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, supaya kamu sekalian beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, menguatkan Nya, membesarkan-Nya. Dan bertasbih kepada-Nya di waktu pagi dan petang.
Masyarakat Arab yang masih menuruti keinginan dan egonya, diajak untuk mengikuti Allah, untuk tidak menuruti ego diri masing-masing. Memang, karena tatanan kehidupan di Jazirah Arab saat itu tidak ada, maka wahyu-wahyu yang turun kepada Nabi memuat tatanan kehidupan yang sangat lengkap. Dari hubungan dengan tetangga, menikah, bercerai, hukum waris, tata cara perang, berdagang, dan sebagainya semua termuat dalam Al-quran. Semua itu adalah metode untuk melembutkan manusia, untuk memanusiakan manusia. Untuk menghancurkan ego dan memunculkan sifat-sifat Illahi.
Ya, Islam itu sendiri adalah lembut, penuh cinta kasih. Seseorang yang meyakini Allah dan menerapkan sifatNya tentunya akan menjadi lembut dan rendah hati seperti Muhammad. Akhlaknya akan menjadi akhlak yang terpuji dan terpercaya.
Namun, sepeninggal Nabi, Islam mau tidak mau akhirnya terpengaruh dengan politik kekuasaan. Akhirnya terjadilah ekspansi besar-besaran yang mengatas-namakan agama, padahal hanya untuk memperluas hubungan politik kerajaan yang berkuasa. Para pengikut Nabi yang setia yang tidak mau berkompromi dengan kekuasaan akhirnya lari menjauhkan diri dari keramaian. Mereka kemudian dikenal sebagai para Sufi yang kadang dituduh menyebarkan bid’ah dan keluar syariat. Memang seperti itu, sebuah kemapanan akan merasa terancam dengan keadaan orang-orang yang berusaha mengembalikan ajaran kepada kemurniannya.
Islam bukanlah sebuah lembaga, karena ia tidak bisa dilembagakan. Pelembagaan Islam hanyalah akan meng-kerdili dan membatasi ajaran yang mulia ini dengan keterbatasan manusia. Dengan pelembagaan akhirnya manusia akan mengatur, mendikte dan memperkosa ayat-ayat Allah. Ia akan mencari pembenaran dari apa yang ingin diperbuatnya, supaya legal dan mendapat dukungan. Islam adalah jalan satu-satunya untuk menuju kepada Allah. Saya ulangi, jalan satu-satunya! Ya, tidak ada jalan lain di luar Islam!
Ali-Imran (3) ayat 19, Sesungguhnya agama disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya.
Islam sebagai ajaran pasrah total kepada Allah adalah jalan menujuNya. Adakah jalan lain menuju Allah kecuali pasrah total kepadaNya? Kalau kita memahami Islam sebagai pasrah total kepada Allah, ya, pasrah total itulah jalan satu-satunya menuju Allah. Kalau kita hanya memahami Islam sebagai lembaga dan organisasi, Islam tidak akan mengantarkan kita kepada Allah. Sebuah lembaga, sebuah organisasi tidak akan menolong kita untuk menuju kepada Allah. Kepasrahan kitalah yang menentukan itu semua. Semua rukun-rukun di dalamnya, kalau itu membentuk sebuah sikap pasrah, akan mengantarkan kita kepadaNya. Namun, apabila kita mengerjakan syariatnya, sholat misal, tetapi tidak membentuk sikap pasrah, Tawadhu, kita harus segera memperbaiki pemahaman kita tentang Islam.
Ali-Imran (3) ayat 85, Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.
Beberapa orang menggunakan 2 dalil di atas untuk melakukan ekspansi Islam. Bahkan menjadikan Islam seperti gerakan dagang. Mereka akan meng-klaim bahwa orang-orang di luar agama Islam tidak akan diterima oleh Tuhan. Dalilnya jelas,yaitu Ali Imran ayat 19 dan 85 !!
Mari kita berpikiran terbuka dan mencoba untuk bersikap bijaksana. Kita pahami Islam bukan sebagai lembaga atau organisasi. Lembaga, apapun bentukanya tidak akan bisa mengantarkan kita kepada Sang Khalik. Namun tatkala kita memahami Islam sebagai sebuah ajaran kepasrahan total kepada Allah, ya, benar sekali bahwa tidak ada jalan lain menuju Allah kecuali pasrah kepadaNya. Kitapun akan bisa mencerna Ali Imran ayat 85 sebagai berikut, ‘bahwa barang siapa mencari jalan (agama) selain jalan kepasrahan kepada Allah, maka sekali-kali tidak akan diterima daripadanya’....
Juga Ali Imran ayat 19 sebagai berikut, ‘sesungguhnya jalan (agama) di sisi Allah hanyalah pasrah kepadaNya.....”
Bisa saja kita rajin mengerjakan syariat Islam, namun kehidupan kita jauh dari pasrah. Malah mentuhankan uang, kekuasaan, jabatan, pekerjaan, gengsi, pendidikan, atau bahkan pemahaman tentang Islam itu sendiri. Ya, kita bisa menuhankan pemahaman kita, dimana kita menempatkan pemahaman itu sebagai sebuah kebenaran yang tak terbantahkan.
Yang tidak terbantahkan itu hanyalah Allah semata. Dia yang Maha Benar. Kita ini hanya mencoba memahami firmanNya. Perhatikanlah ini, bahwa kita hanya berusaha untuk menafsirkan ayat-ayatNya. Pemahaman kita, tafsir kita, bukanlah kebenaran itu sendiri. Hanya Allah yang Maha Benar dengan segala FirmanNya.
Yang paling tipis yaitu kita telah menuhankan nama Allah itu sendiri. Kita menganggap nama Allah itu Allah, padahal hanya nama. Kita lupa bahwa Allah adalah zat yang Maha Suci. Itu semua bisa dikatakan bahwa kita telah Islam secara lembaga, secara organisasi. Namun, Islam sebagai sebuah ajaran yang selalu diserukan oleh Nabi Muhammad yang mulia belumlah tersentuh oleh orang-orang seperti itu.
Walaupun kita mengaku sudah Islam, sudah menjalankan syariat Islam, sudahkah kepasrahan meliputi seluruh kehidupan kita? Sudahkah kita rendah hati dan saling tolong-menolong tanpa membedakan orang lain? Sudahkah kita mencontoh kehidupan Nabi di Madinah, dimana beliau hidup rukun berdampingan dengan umat dengan kepercayaan lain tanpa membeda-bedakannya?
Memang sulit hal itu kita terapkan, apalagi kalau kemapanan kita terancam, kenyamanan kita selama ini dengan lembaga formal merasa terusik. Apalagi, kita sudah mempunyai apa yang selama ini kita anggap sebagai ‘pengikut’ atau ‘jamaah’. Dengan pengikut kita, jamaah kita, berhati-hatilah karena ‘Ego’ bisa menjadi tuhan kita di sana. Mungkinkah kita akan berlaku seperti kaum Quraish memperlakukan Nabi pada jaman itu? Tentunya tidak bukan?
Marilah kita melihat Islam sebagai sebuah jalan menuju Allah, jalan pasrah yang menghubungkan kita denganNya. Islam sebagai sebuah kepasrahan total kepada Allah yang Maha Esa.
Di sana, kita hanya mengenal cinta, cinta.....dan cinta tanpa pamrih...

Agung webe

No comments: